Seberapa baik Anda memahami kandungan bahan parfum yang Anda gunakan? Jika Anda pernah bertanya, “Apa itu oud?” kami harap Anda akan menikmati dan menambah wawasan dasar tentang daftar istilah bahan wewangian dan aromaterapi yang sering digunakan dalam industri Parfum dan Toiletries ini.

Agrumen
Wewangian Aldehyde (lihat di bawah) dengan karakteristik wangi hijau-hijauan, dan wangi musky.

Aldehyde / Aldehida
Senyawa organik hadir dalam banyak bahan alami, yang dapat disintesis secara artifisial, seperti aldehida alifatik yang digunakan untuk memberikan sentuhan pada produk Parfum ‘Chanel No 5’.

Amber

Wangi maskulin yang berat, dengan aroma penuh, woody dan hangat. Minyak amber berasal dari pohon Amber Baltik.

Ambergris / Ambar
Sekresi paus sperma dengan aroma kayu manis. Biasanya direproduksi secara sintetis.

Ambrette
Minyak yang diperoleh dari biji ambrette (dari kembang sepatu) memiliki bau seperti kesturi. Biasa digunakan sebagai pengganti musk sejati.

Amyris
Semak berbunga putih atau pohon yang ditemukan di Haiti dan Amerika Selatan. Sering digunakan sebagai pengganti kayu cendana yang lebih murah.

Benzoin
Aroma maskulin dari resin balsamic dari pohon Styrax.

Bergamot
Minyak tangy diekstrak dari jeruk bergamot yang tidak dapat dikonsumsi, sebagian besar ditanam di Italia.

Calone
Aroma kimia yang menambahkan “angin laut” atau nada laut untuk wewangian Tropical atau Sea.

Cashmeran
Aldehida sintetis dengan aroma bumbu pedas, ambery, musky, floral. Digunakan untuk memunculkan aroma beludru atau “rasa” oriental kasmir.

Castoreum

Sekresi hewan dari berang-berang Castor digunakan untuk memberikan aroma fashion kulit ke wewangian. Sering direproduksi secara sintetis.

Citron / Limau
Extrak semangat dari buah pohon ini digunakan untuk membuat aroma wangi jeruk.

Civet
Civet diproduksi oleh kelenjar di pangkal ekor kucing luwak Afrika. Civet murni dikatakan memiliki bau yang kuat dan tidak menyenangkan, tetapi dalam jumlah kecil sering digunakan untuk menambah kedalaman dan kehangatan aroma parfum dan toiletris.

Clary sage
Minyak ramuan ini berbau harum hingga pahit, dengan nuansa amber, jerami, dan tembakau.

Coumarin / Kumarin
Senyawa parfum yang umum digunakan yang berbau seperti vanila. Biasanya berasal dari tonka bean (lihat di bawah), tetapi juga ditemukan di lavender, sweetgrass, dan tanaman lainnya.

Frangipani / Kamboja
Bunga tropis yang memiliki wangi yang khas, banyak tumbuh di Asia dengan beragam jenis, juga dikenal sebagai West Indian jasmine.

Frankincense / Kemenyan
Resin getah dari pohon yang ditemukan di Saudi dan Afrika Timur. Juga disebut Olibanum.

Galbanum
Resin getah yang memberikan bau hijau-hijauan / greenish.

Guaiac Wood / Kayu Guaiac

Pohon yang tumbuh di Amerika Selatan dari getah yang minyaknya digunakan dalam wewangian.

Hedione

Aroma kimia yang memiliki aroma melati yang lembut dan memberikan semangat dan mood booster.

Heliotrope
Bunga-bunga dari keluarga heliotropium, yang memiliki aroma vanilla yang kuat dan manis dengan note almond.

Indole
Senyawa kimia yang berbau bunga pada konsentrasi yang rendah, beraroma kulit pisang / aroma dekomposi pada konsentrasi tinggi. Digunakan secara luas dalam wewangian.

Iso E Super
Aroma kimiawi yang digambarkan sebagai not yang lembut, woody, dan wangi Amber dengan sensasi seperti beludru. Digunakan untuk memberikan kekayaan dalam wewangian.

Jasmine / Melati
Bunga yang digunakan secara luas dalam wewangian. Jasmine adalah salah satu dari 6 Bahan Parfum Termahal di Dunia.

Labdanum
Aromatik permen karet dari semak Rockrose. Bau kayu manis dikatakan meniru ambergris (lihat di atas), dan juga dapat digunakan untuk memberikan wangi note fashion kulit.

Monoi
Gardenia (tiare) kelopak dimaserasi dalam minyak kelapa.
Kadang-kadang disebut Monoi de Tahiti.

Muguet
Muguet disebut juga Lily of the Valley dari Perancis. Salah satu dari tiga aroma bunga yang paling banyak digunakan dalam parfum. Tidak seperti melati dan mawar yang diextract dari bunga, Muguet biasanya direproduksi secara sintetis.

Musk
Kesturi alami berasal dari kelenjar rusa kesturi. Tetapi sebagian besar kesturi diproduksi dan dijual di dunia saat ini adalah sintetis. Ini adalah hal yang baik karena musk ditemukan di hampir setiap wewangian pria dan cologne. Musk alami adalah salah satu dari 6 Bahan Parfum Termahal di Dunia.

Myrrh / Dupa
Resin getah yang dihasilkan dari semak ditemukan di Saudi dan Afrika Timur.

Narciussus
Bunga putih dari pohon ini digunakan secara luas dalam produksi parfum Perancis.

Neroli

Minyak jeruk disuling dari bunga pohon jeruk manis atau pahit. Istilah Italia untuk neroli adalah zagara.

Oakmoss
Berasal dari lumut yang tumbuh di pohon Ek/Oak. Dihargai tinggi karena aromanya, yang berat dan oriental pada awalnya, menjadi lembut dan earthy saat parfum menguap, mengingatkan pada kulit kayu, pantai, dan hutan pinus.

Opopanax
Ramuan yang tumbuh di Timur Tengah, Afrika Utara, dan Mediterania, juga dikenal sebagai mur manis. Resin menghasilkan aroma yang mirip dengan balsam atau lavender.

Orris
Berasal dari tanaman iris. Memiliki aroma bunga-bunga, berat dan kayu. Orris adalah salah satu dari 6 Bahan Parfum Termahal di Dunia.

Osmanthus
Sebuah pohon berbunga asli China, dihargai karena aroma aprikot buahnya yang lembut.

Oud (Oudh)
Mengacu pada kayu dari pohon Agar yang sebagian besar ditemukan di Asia Tenggara. Resin wangi dihargai oleh parfum. Oud adalah salah satu dari 6 Bahan Parfum Termahal di Dunia.

Ozon

Wewangian sintetis modern, dimaksudkan untuk meniru aroma udara segar kaya akan air tepat setelah hujan deras pada hutan hujan.

Nilam
Semak lebat berasal dari Malaysia dan India. Memiliki aroma apak-manis, pedas. Sering digunakan sebagai base note.

Mawar
Salah satu note bunga utama yang digunakan dalam wewangian. Rose adalah salah satu dari 6 Bahan Parfum Termahal di Dunia.

Rose de Mai
Nama tradisional diberikan kepada Rose Absolute (minyak esensial mawar) yang diproduksi oleh pelarut dan kemudian ekstraksi alkohol.

Kayu Cendana
Terbuat dari minyak dari pohon cendana India. Salah satu bahan wewangian tertua yang diketahui, biasa digunakan sebagai base note.

Tonka Bean / Kacang Tonka
Berasal dari tanaman asli Brazil. Memiliki aroma vanila dengan sedikit aroma kayu manis, cengkeh, dan almond. Digunakan sebagai alternatif aroma vanili untuk parfum maskulin.

Tuberose
Tanaman dengan bunga putih yang sangat wangi, menyerupai bunga lily di Indonesia terkenal dengan Bunga Sedap Malam.

Vanilla
Berasal dari polong anggrek vanilla. Sangat harum, populer, dan bernilai tinggi untuk diproduksi.

Vetiver
Wangi rumput dengan akar kayu-kayuan, berserat, yang digunakan untuk menyaring minyak yang berbau tanah yang lembab dengan kayu, tanah, kulit kayu, dan kesan earthy. Bahan yang sangat penting dalam pembuatan parfum maskulin.

Ylang Ylang / Kenanga
Pohon peneduh yang banyak tumbuh di Asia dengan bunga-bunga harum. Digunakan dalam parfum bunga tropical yang ekslusif dan memiliki nilai yang tinggi.